Monday, September 21, 2015

Menumbuhkembangkan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient)



Beberapa cara untuk menumbuhkembangkan Spritual Quotient (SQ) atau Kecerdasan Spiritual, diantaranya :

  1. Berdo’a, merupakan cara yang tepat untuk membuat kita tetap sadar akan keberadaan Tuhan atas segala hal yang ada pada kita
  2. Meditasi, merupakan sebuah cara untuk membuat diri kita tenang dan dapat berpikir jernih. Biasanya, meditasi dilakukan di alam terbuka.
  3. Merenung, sebagai cara untuk berhenti sejenak dari hiruk pikuk duniawi dan merefleksikan kembali apa yang telah dialami.
  4. Membaca buku-buku yang memberikan insipirasi hidup sehingga kita dapat memperoleh wawasan mengenai banyaknya cara untuk hidup bersama dengan orang lain.
  5. Menulis buku harian sebagai sarana untuk menyalurkan emosi dan membaca kembali pengalaman-pengalaman emosi sehingga kesadaran diri tetap terpupuk.
  6. Mengobrol dengan orang lain (keluarga, teman, maupun orang dewasa di sekeliling kita) mengenai pengalaman mereka dapat menginsipirasi kita untuk melakukan hal yang lebih baik.
  7. Memberikan pelayanan pada orang-orang yang membutuhkan bantuan sesuai dnegan kemampuan kita karena yang kita miliki adalah titipan Tuhan untuk selanjutnya diteruskan kepada orang yang membutuhkan.


0 komentar:

Post a Comment