Friday, January 9, 2015

Menguak hawa mistis Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Ingin liburan yang berbeda di musim liburan ini? Anda bisa mencoba mengunjungi Candi Ratu Boko sebagai wisata supranatural. Ketika memasuki kawasan Bukit Boko, Anda akan merasakan hawa dingin yang mulai menggigit dengan pemandangan lingkungan yang begitu hijau serta adanya sisa sisa reruntuhan dari bangunan candi batu yang tampak lengang sehingga membuat suasana menjadi semakin mistis. Jika kita menengok sejarah, maka dahulu kala, kawasan ini merupakan kawasan tempat masyarakat hidup.

Lokasi situs Candi Ratu Boko terletak kurang lebih 3 km dari kawasan Candi Prambanan. Anda bisa membayar harga karcis terusan sebesar 30.000 rupiah, maka Anda bisa mengendarai bus yang telah disediakan oleh pihak pengelola dari Candi Prambanan untuk mengunjungi kawasan dari Candi Ratu Boko. Ketika sampai di daerah situs candi tersebut, Anda bisa mulai duduk duduk di lingkungan serambi restoran yang terletak menghadap ke bagian lembah untuk membuat tubuh Anda lebih santai. Di wisata supranatural ini, Anda bisa melihat bagian Gunung Merapi yang tampak menjulang dari jauh. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata supranatural Anda ke wilayah lingkungan dari Candi Ratu Boko.

Situs Candi Ratu Boko dahulunya adalah sebuah istana atau keraton. Terdapat legenda yang menyebutkan bahwa dahulu yang memerintah di tanah ini adalah Raja Boko, yaitu ayah dari putri Roro Jonggrang. Pastinya Anda merasa familiar dengan adanya legenda seribu candi dan Roro Jonggrang. Namun, ada juga cerita yang menyatakan bahwa situs ini dahulunya adalah sebagai tempat untuk beribadah. Pendapat ini berdasarkan penemuan prasasti dari Rakai Panangkaran yang menyebutkan bahwa situs Candi Ratu Boko ini memiliki nama Abhyagiri Wihara.

Walaupun begitu, beberapa tidak sependapat dengan hal ini karena di dalam kawasan situs Candi Ratu Boko terdapat juga peninggalan dari agama Hindu antara lain adalah arca Ganesha, sehingga kawasan ini mungkin bukan sebuah wihara dahulunya. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa situs ini adalah tempat untuk raja raja beristirahat, mengingat pemandangan indah yang dapat Anda lihat di kawasan situs Candi Ratu Boko ini.

Terlepas dari segala pendapat yang menyebutkan sejarah dari Candi Ratu Boko, pemandangan yang ada di kawasan ini memang layak untuk dikunjungi. Ketika Anda baru datang, Anda akan disambut dengan lima gapura; empat buah gapura mengapit dengan satu buah gapura utama yang ada di bagian tengah. Pemandangan situs candi ini begitu megah. Anda bisa berkeliling untuk menikmati segala pemandangan yang ada di kawasan ini. Di lingkungan Candi Ratu Boko ini, Anda juga akan menemukan bangunan dengan warna putih. Bangunan ini memiliki nama Candi Pembakaran. Candi ini dibuat dari material batu putih dan dahulu memiliki fungsi sebagai tempat untuk membakar kayu.

SMP Negeri 4 Prambanan berada tidak jauh dari situs terkenal ini,kira-kira 2 kilo meter kearah selatan,tepatnya di bukit ijo berdekatan dengan situs terkenal lainya, yang terdapat di kawasan Yogyakarta yaitu Candi Ijo.


-------------------------
Penulis: Drs. Nurochman
Guru Seni Budaya SMP Negeri 4 Prambanan

0 komentar:

Post a Comment