Monday, January 12, 2015

Etika Pergaulan dengan Teman Sebaya

etika pergaulan teman sebaya

Etika adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan. Kita semua manusia disebut sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Jadi kita semua walaupun mementingkan dan mendahulukan kebutuhan secara pribadi tetap membutuhkan dan memerlukan orang lain, untuk mengantar ketujuan yang kita butuhkan. Agar terjadi hubungan yang harmonis kalian perlu pembinaan dari sekarang ini sehingga nantinya tercipta hubungan yang selaras, serasi dan seimbang jauh dari pertentangan dan permusuhan yang dinilai dari masyarakat.

Adapun cara untuk membina hubungan yang harmonis sesama teman baik di sekolah dan di luar sekolah, anatara lain :

1. Saling memahami perasaan orang lain / teman
2. Mengerti perasaan orang lain
3. Bersikap sabar dan penuh perhatian
4. Mempunyai sikap hormat-menghormati sesama pada orang lain
5. Menjunjung tinggi rasa kasih sayang / setia kawan
6. Tidak saling mengejek atau mengolok-olok kelemahan orang lain
7. Menyampaikan kritik yang tidak menyakitkan
8. Tidak boleh mengikuti kehendak sendiri
9. Saling gotong royong dan tolong menolong

Untuk menjamin terbinanya pergaulan dalam masyarakat diperlukan sikap yang sopan santun, saling tolong menolong, menghormati orang tua, bicara yang baik kepada teman atau kepada yang lebih tua. Di dalam pembicaraan harus menggunakan tata bahasa yang sopan dan tidak boleh mengeraskan bunyi suara dalam berbicara.

Sebagai siswa kita tidak hanya dituntut pandai di bidang akademis saja tetapi juga harus mampu membina hubungan yang baik dan harmonis dengan guru, siswa dan karyawan, sehingga suasana di sekolah tercipta suasana yang menyenangkan.

Sumber:  bksmknbrebes.blogspot.com
Gambar:  www.google.com
 

0 komentar:

Post a Comment